Home

Senin, 10 September 2012

Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil

Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil - Kaki-kaki dan suspensi dalam sebuah mobil adalah salah satu unsur yang penting yang mendukung keselamatan dan kenyamanan. Karenanya kaki-kaki memerlukan perhatian yang cukup sering, pasalnya jika komponen lain diperbaiki karena pengaruh usia dan jam kerjanya, maka kerusakan pada kaki-kaki lebih dipengaruhi oleh faktor lintasan yang dilalui mobil setiap harinya. Namun kerusakan fatal juga dapat dihindari dengan meningkatkan kepekaan pengemudinya.

Perawatan kaki-kaki ini minimalnya dilakukan enam bulan sekali, adapun tips kali ini akan menjabarkan diagnosa secara sederhana tentang gejala kerusakan pada system kemudi dan suspensi. Pertama-tama jika menjalankan mobil, sebaiknya jalankan dari kecepatan rendah sampai ke tinggi. Bila setir bergetar di kecepatan tertentu, yang kemudian hilang, lalu bergetar lagi, maka itu artinya roda depan perlu dibalancing dan gejala yang serupa ini juga berlaku untuk roda belakang. Sebaiknya bawa ke BENGKEL MOBIL untuk melakukan proses balancing and spooring agar laju mobil tidak miring kiri dan kanan.

Selanjutnya, ada baiknya membiarkan roda berputar bebas, lalu goyangkan roda maju dan mundur untuk memeriksa kondiri tie rod. Bila rodanya bisa digoyangkan, berarti tie rod bermasalah Namun setelah diagnose itu dilakukan, hal yang penting saat mengendarai mobil anda adalah meningkatkan kepekaan saat mengemudi. Mulai dari kepekaan terhadap setir dan bunyi-bunyian yang mungkin muncul mengganggu. Selain itu pergunakan part orisinil, karena lebih tahan lama. Ketimbang menggunakan part aftermarket yang lebih mudah rusak.

Simak Artikel Otomotif Menarik Lainnya Komponen Kecil Berbudget Besar

1 komentar:

  1. terima kasih telah berbagi info tips merawat kaki-kaki mobil ini. sangat bermanfaat dan efektif banget.

    BalasHapus