Home

Senin, 10 September 2012

Kondisi Darurat Saat Perjalanan Jauh


Tips Hadapi Kondisi Darurat Saat Perjalanan Jauh - Saat hendak menempuh perjalanan jauh, biasanya kita jauh-jauh hari telah mempersiapkan mobil agar dapat menempuh perjalanan dengan fit. Namun seperti biasa, manusia telah berencana dan berusaha, maka keputusan terakhir tetap ditangan Tuhan. 

Setidaknya seperti itulah yang akan terjadi jika pada kenyataannya di tengah perjalanan anda mengalami keadaan darurat, dimana mobil mogok, mesin berhenti, atau karena masalah teknikal lainnya yang membuat anda harus menghentikan perjalanan dan membawa mobil anda ke BENGKEL MOBIL.

Beruntung jika anda berada di tempat yang tak jauh dari BENGKEL mobil, tapi bagaimana jadinya kalau kerusakan mobil anda terjadi di daerah yang jauh dari jangkauan bengkel, dan mustahil memanggil jasa mobil derek.

Apabila itu terjadi pada anda, satu-satunya hal yang paling tepat anda lakukan adalah mensiasati mobil anda agar dapat kembali ke kondisi yang layak untuk berjalan. Dan berikut ada beberapa tips yang dapat anda gunakan disaat kondisi darurat:

  • Jika tiba-tiba indikator suhu mesin terus naik saat mobil berjalan, segeralah menepi dan periksa apakah terdapat kebocoran pada radiator atau tali kipasnya yang kendur. Dan untuk mengurangi panas yang terjadi, maka matikan AC dan nyalakanlah pemanas kabin hingga maksimum agar panas terpindah dari kompartemen mesin.
  • Sedangkan jika ada kisi radiator yang bocor, anda dapat menggunakan putih telur yang dimasukkan ke dalam radiator, atau sabun batangan yang dioleskan pada bagian yang bocor. Tapi sebelumnya biarkan air mengalir hingga kisi menjadi kering.
  • Situasi darurat lain adalah jika ada menginjak pedal rem, tapi rem terasa blong, maka periksa tabung minyak rem dan tambahkan jika kurang. Anda juga dapat mengganti minyak rem dengan teh kental jika lupa membawa minyak rem cadangan. Larutkan 2-3 bungkus teh celup dalam gelas kecil dan tuangkanlah ke dalam tabung rem.
  • Salah satu masalah yang sering timbul lainnya dalam keadaaan darurat adalah tidak berfungsinya wiper saat hujan, tentu ini bukanlah hal yang diinginkan bukan. Nah, solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan shampoo atau sabun colek untuk membersihkan kaca depan mobil. Sedangkan untuk kabut yang timbul di bagian dalam mobil dapat dihilangkan dengan menggunakan shampoo.

Nah, beberapa tips singkat itu mungkin dapat menjadi salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah darurat yang mungkin saja terjadi dalam perjalanan anda. Artikel Terkait Lainnya MenyiapkanMobil Dalam Kondisi Prima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar