Home

Minggu, 09 September 2012

Mobil Dan Oli Yang Tak Terpisahkan

Mobil Dan Oli Yang Tak Terpisahkan - Saat pergi ke BENGKEL MOBIL, persepsi apa yang akan muncul pertama dibenak kalian? Euumm, mungkin oli adalah salah satu jawaban yang akan muncul. Warna hitam dari oli identik dengan para montir yang corang coreng dan oli juga salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari mobil.

Sebagai sebuah pelumas yang membuat cara kerja mesin menjadi berfungsi dengan lebih baik, oli ini juga memiliki beberapa macam. Setidaknya ada lima jenis oli untuk mobil yang dapat kita temukan di bengkel mobil pada umumnya, dan ini adalah sebuah keharusan melakukan pengecekan secara rutin agar kondisi mobil tetap prima.

Oli-oli tersebut antaralain adalah;
  • Oli Mesin; oli mesin ini terbagi juga menjadi tiga jenis oli yaitu oli mineral yang terbuat dari bahan minyak bumi, oli semi sintetik yang merupakan kombinasi dari oli mineral, dan full sintetik adalah oli yang paling tahan lama mengingat pembuatannya dari bahan murni oli sintetik.
  • Oli Transmisi yang digunakan dalam transmisi kendaraan. Terutama untuk ini, telah dikenal ada dua jenis oli transmisi ialah untuk transmisi manual dan matik, penggunaan oli-pun tentu tidak sama.
  • Oli Gardan yang pada umumnya penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi.
  • Oli Rem hampir sama seperti oli mesin, minyak rem ini juga memiliki grade-nya seperti halnya SAE dan API, yang dinyatakan dalam satuan DOT(Department Of Transportation).
  •  Oli Power Steering pada perangkat power steering tidak lepas dari penggunaan oli. Oli pada powersteering digunakan sebagai pompa hidraulik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil.

Mengingat tugas utama oli mesin adalah untuk menghindari bagian-bagian metal dari permukaan parts mesin untuk saling bergesekan dan bertumbukkan satu sama lain dan saling merusak, selain itu juga mentransfer panas yang diakibatkan pembakaran kedalam combustion chamber (ruang pembakaran). Dan pada akhirnya mobil tak bisa terpisahkan dari oli-oli ini, sebaiknya bagi kalian yang memiliki mobil, maka harus rutin mengganti oli dan mengeceknya agar kinerja kendaraan anda tetap baik.

Simak artikel otomotif lainnya  Memelihara Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar