Home

Selasa, 05 Februari 2013

Mobil Menerjang Genangan Air Waspadai Kaki – Kaki

Mobil Menerjang Genangan Air Waspadai Kaki – Kaki. Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia belakangan ini, banyak menyebabkan genangan air dimana- mana, bahkan yang tidak lepas dari ingatan kita adalah banjir besar yang melanda Jakarta pada tanggal 17 Januari 2013 lalu, banyak ruas jalan yang sampai saat ini masih tergenang oleh air, dibalik kenyamanan anda mengendarai mobil tanpa terciprat oleh kotornya genangan air yang bercampur dengan Lumpur dan pasir, ternyata ada yang harus diwaspadai yaitu bagian kaki – kaki mobil.


Kaki – kaki Mobil rentan untuk mengalami kerusakan, bukan hanya itu saja kolong mobil pun terancam mengalami korosi akibat karat. Bagian yang paling rawan terkena efek dari genangan air adalah pada karet sambungan kaki –kaki mobil, seperti pada ball joint dan tie road end, jika perawatan pada bagian ini tidak diperhatikan maka yang akan terjadi karet sambungan tersebut bisa pecah akibat tergerus oleh pasir yang ikut terbawa oleh genangan air.


Gejala yang ditimbulkan apabila Karet sambungan pada kaki –kaki mobil tersebut pecah adalah di dalam kabin mobil terdengar bunyi –bunyian aneh, dan tentu saja hal ini sangat berbahaya untuk keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Berikut ini adalah tips merawat mobil dari Bengkel Mobil seputar perawatan kaki – kaki mobil yang terdapat di kolong mobil:


1. Setelah mobil menerjang genangan air, sebaiknya mobil segera dicuci, jangan biarkan pasir menempel di kolong mobil hingga berhari –hari, karena air hujan bisa menyebabkan karat.

2. Jika komponen kaki – kaki mobil terkena oli sebaiknya segera dibersihkan, apabila anda kesulitan membersihkannya anda bisa gunakan jasa cuci steam yang menyediakan penyemprot air panas.

3. Jika ditemukan adanya sobekan pada karet penyambung di ball joint atau tie rod end, sebaiknya segera diganti. Karena dikhawatirkan pelumas yang terdapat di dalam karet, justru terganti dengan air dan pasir yang mengakibatkan komponen suspensi rusak parah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar