Home

Senin, 17 Desember 2012

Langkah Memperbaiki Busi Mobil

Busi Mobil
Busi Mobil
Langkah Memperbaiki Busi Mobil - Busi, elemen kecil ini adalah salah satu onderdil yang penting bagi mobil. Karena ia mampu memasok api yang dapat menimbulkan ledakan yang cukup terkendali di dalam setiap silinder.

Untuk menjaga agar kinerja busi tetap berjalan dengan baik, busi juga harus dirawat dengan baik. Tapi beruntung karena mobil-mobil saat ini cukup efisien sehingga busi hanya membutuhkan penggantian setiap dua tahun atau kira-kira 35000 km sehingga tak setiap saat dibawa ke Bengkel Mobil.

Nah, berikut beberapa langkah Tips Merawat Mobil untuk memperbaiki busi:
  • Siapkanlah busi pengganti yang bisa anda dapatkan di toko onderdil. Namun sebelum mengganti, anda harus memperhatikan bahwa biasanya para montir di bengkel mobil atau teknisi mobil telah memasang busi yang dapat beroperasi pada suhu lebih panas atau lebih dingin, sehingga sebaiknya anda membuka dan memeriksa mereknya sebelum menggantinya.
  • Perhatikan, jangan memasang busi terlalu panjang, karena hal itu hanya akan merusak bagian dalam mesin. Sebaiknya, pasanglah busi sesuai dengan ketentuan pabrik, misalnya satu buah untuk setiap silinder, empat buah untuk mesin empat silinder, enam buah untuk mesin enam silinder, dan begitulah seterusnya.
  • Mengatur celah seluruh busi, untuk memasok bunga api listrik ke silinder adalah dengan membuatnya melompati celah kecil pada ujung busi, hal ini juga sebaiknya mengikuti ketentuan pabrik agar hasil yang dihasilkan juga sesuai prosedur dan aman. 
  • Buka busi yang lama, dan jika hendak melakukan ini maka ;pastikan dahulu bahwa mesin belum menyala agar tidak panas.
  • Pasanglah busi yang baru, beri pelumas agar suatu hari jika dibuka kembali tidak sulit. Kencangkanlah busi ke dalam lubang dengan menggunakan kunci, sesuaikan kekencangan, karena jika terlalu kencang dapat merusak busi.
  •  Ulangilah proses di atas untuk busi-busi lainnya
Cukup praktekkan, hal di atas dapat anda lakukan sendiri dan kesimpulannya jika melakukan pemasangan busi sebaiknya jangan berlebihan dan kurang. Karena hal tersebut hanya akan membuat anda melakukan pekerjaan yang sia-sia dan mungkin frustasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar